E-COMMERCE
Pengertian E-commerce
E-Commerce atau di
sebut juga perdagangan elektronik merupakan aktivitas yang berkaitan dengan
pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa dengan memanfaatkan sistim
elektronik seperi internet ataupun jaringan komputer
E-Commerce juga
melibatkan aktivitas yang berhubungan dengan proses transaksi elektronik
seperti transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistim pengolahan
data inventori yang dilakukan dengan sistim komputer ataupun jaringan komputer
dan lain sebagainnya.
Dalam teknologi
informasi E-Commerce dapat dikategorikan sebagai bagian dari E-Business dimana
E-Business memiliki cakupan yang lebih luas baik dari segi aktivitas ataupun
jenis-jenis kegiatan yang dilakukannya.
Bentuk Hubungan Bisnis E-Commerce
Ada beberapa jenis E-Commerce
yang biasanya dilakukan banyak orang melalui media internet
- E- Commerce Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
- E- Commerce Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha bisnis dengan konsumen)
- E- Commerce Consumer to Consumer (perdagangan antar konsumen yang satu dengan konsumen yang lain)
- E- Commerce Consumer to Business (perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau perusahaan)
Keuntungan E-Commerce
Salah satu keuntungan E-Commerce
yang paling jelas kita lihat adalah menjual suatu produk ataupun jasa kita
tidak perlu membutuhkan toko atau kantor sebagai tempat usaha , tapi cukup dengan memanfaatkan internet
maka kita bisa saja berjualan hanya dari rumah saja dengan calon konsumen yang
tidak tebatas atau dari mana saja.
E-BUSINESS
Pengertian E-business
E-business merupakan
pekerjaan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi
elektronik seperti komputer dan internet. E-business memungkinkan suatu
perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan
eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. Contoh dari e-business misalnya
pembelian barang secara online melalui www.lazada.com. Dari proses pemesanan
barang, konfirmasi pembayaran, hingga konfirmasi bahwa pengiriman barang
tersebut sudah sampai kepada customer dilakukan secara elektronik. E-business dapat juga dikatakan sebagai iklan untuk
menarik para konsumen agar dapat membeli produk-produk perusahaan. Sehingga
e-business sangat berguna bagi e-comerce, karena fungsi dari e-business yaitu
sebagai pendukung bagian-bagian pada perusahaan seperti bagian prroduksi,
finance, marketing dll. Jadi perusahaan akan menggunakan Teknologi Informasi
dan Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya sehingga mendapatkan
keuntungan.
Strategi
e-business pada perusahaan
Ada beberapa konsep atau strategi yang dilakukan perusahaan dalam
menjalankan e-business diantaranya
sebagai berikut :
a. ERP (Enterprise Resource Planning)
yaitu strategi bisnis dari sistem informasi perusahaan yang dapat digunakan
untuk berkoordinasi mengenai sumber daya dan informasi yang digunakan untuk
proses dalam berbisnis.
b. EAI (Enterprise Application Programs)
yaitu strategi bisnis menganai konsep integrasi dari proses bisnis yang
memungkinkan antar perusahaan dapat bertukar informasi.
c. CRM (Customer Relationship Management)
yaitu strategi bisnis dari layanan dan perangkat lunak (softwere) yang di
desain untuk meningkatkan keuntungan dan kepuasan para konsumen.
d. SCM (Supply Chain Management)
yaitu strategi manajemen mengenai rantai suplai yang secara otomatis akan
terkomputerisasi.
Bentuk Hubungan Bisnis E-business
Terdapat lima kemungkinan bentuk hubungan bisnis
berdasarkan transaksinya :
- Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
- Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha bisnis dengan konsumen)
- Consumer to Consumer (perdagangan antar konsumen yang satu dengan konsumen yang lain)
- Consumer to Business (perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau perusahaan)
- Intrabusiness e-business (perdangan dalam lingkup intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang, jasa, dan informasi.
Keuntungan E-business
Keuntungan yang
terlihat jelas dari E-business yaitu kita dapat memperluas pasar, dengan E-business
perusahaan atau pebisnis dapat memperluas pasarnya sehingga dapat memasuki
pasar nasional maupun internasional, sehingga pembisnis dapat menjangkau banyak
pelanggan, menekan biasa telekomunikasi dan waktu transaksi serta penerimaan
produk. Konsumen dapat
melihat barang, spesifikasi dan informasi lainnya melalui internet sehingga
tidak perlu repot-repot harus mendatangi penjual.
Meningkatkan citra yang baik
di mata para konsumen tentunya dengan pelayanan yang baik juga, sebab dengan
media internet informasi dapat dengan cepat tersebar. Dan masih banyak lagi
keuntungan yang lainnya.
Referensi:
Fadli, pengertian
e-business, http://infopengertian.biz/pengertian-e-business-strategi-kelebihan-kelemahan-serta-kentungan-pada-perusahaan.html
, diakses pada 25-10-2018
Sumber Pengertian,
e-business & e-commerce, http://www.sumberpengertian.co/pengertian-e-business
, diakses pada 25-10-2018
Eka Wijaya, pengertian
e-commerce, http://www.patartambunan.com/pengertian-e-commerce-manfaat-serta-keuntungan-e-commerce/
, diakses pada 25-10-2018
0 komentar:
Posting Komentar