Pages

Rabu, 24 Oktober 2018

E-COMMERCE & E-BUSINESS

E-COMMERCE

Pengertian E-commerce

E-Commerce atau di sebut juga perdagangan elektronik merupakan aktivitas yang berkaitan dengan pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa dengan memanfaatkan sistim elektronik seperi internet ataupun jaringan komputer
E-Commerce juga melibatkan aktivitas yang berhubungan dengan proses transaksi elektronik seperti transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistim pengolahan data inventori yang dilakukan dengan sistim komputer ataupun jaringan komputer dan lain sebagainnya.
Dalam teknologi informasi E-Commerce dapat dikategorikan sebagai bagian dari E-Business dimana E-Business memiliki cakupan yang lebih luas baik dari segi aktivitas ataupun jenis-jenis kegiatan yang dilakukannya.


Bentuk Hubungan Bisnis E-Commerce

Ada beberapa jenis E-Commerce yang biasanya dilakukan banyak orang melalui media internet
  • E- Commerce Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
  • E- Commerce Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha bisnis dengan konsumen) 
  •  E- Commerce  Consumer to Consumer (perdagangan antar konsumen yang satu dengan konsumen yang lain)
  • E- Commerce  Consumer to Business (perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau perusahaan)

Keuntungan E-Commerce

Salah satu keuntungan E-Commerce yang paling jelas kita lihat adalah menjual suatu produk ataupun jasa kita tidak perlu membutuhkan toko atau kantor sebagai tempat usaha  , tapi cukup dengan memanfaatkan internet maka kita bisa saja berjualan hanya dari rumah saja dengan calon konsumen yang tidak tebatas atau dari mana saja.

E-BUSINESS

Pengertian E-business

E-business merupakan pekerjaan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik seperti komputer dan internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. Contoh dari e-business misalnya pembelian barang secara online melalui www.lazada.com. Dari proses pemesanan barang, konfirmasi pembayaran, hingga konfirmasi bahwa pengiriman barang tersebut sudah sampai kepada customer dilakukan secara elektronik. E-business dapat juga dikatakan sebagai iklan untuk menarik para konsumen agar dapat membeli produk-produk perusahaan. Sehingga e-business sangat berguna bagi e-comerce, karena fungsi dari e-business yaitu sebagai pendukung bagian-bagian pada perusahaan seperti bagian prroduksi, finance, marketing dll. Jadi perusahaan akan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya sehingga mendapatkan keuntungan.
 Strategi e-business pada perusahaan
Ada beberapa konsep atau strategi yang dilakukan perusahaan dalam menjalankan e-business diantaranya sebagai berikut :
a. ERP (Enterprise Resource Planning)
yaitu strategi bisnis dari sistem informasi perusahaan yang dapat digunakan untuk berkoordinasi mengenai sumber daya dan informasi yang digunakan untuk proses dalam berbisnis.
b. EAI (Enterprise Application Programs)
yaitu strategi bisnis menganai konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan dapat bertukar informasi.
c. CRM (Customer Relationship Management)
yaitu strategi bisnis dari layanan dan perangkat lunak (softwere) yang di desain untuk meningkatkan keuntungan dan kepuasan para konsumen.
d. SCM (Supply Chain Management)
yaitu strategi manajemen mengenai rantai suplai yang secara otomatis akan terkomputerisasi.

Bentuk Hubungan Bisnis E-business

Terdapat lima kemungkinan bentuk hubungan bisnis berdasarkan transaksinya :
  • Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
  • Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha bisnis dengan konsumen)
  •  Consumer to Consumer (perdagangan antar konsumen yang satu dengan konsumen yang lain)
  • Consumer to Business (perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau perusahaan)
  •  Intrabusiness e-business (perdangan dalam lingkup intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang, jasa, dan informasi.

Keuntungan E-business

Keuntungan yang terlihat jelas dari E-business yaitu kita dapat memperluas pasar, dengan E-business perusahaan atau pebisnis dapat memperluas pasarnya sehingga dapat memasuki pasar nasional maupun internasional, sehingga pembisnis dapat menjangkau banyak pelanggan, menekan biasa telekomunikasi dan waktu transaksi serta penerimaan produk. Konsumen dapat melihat barang, spesifikasi dan informasi lainnya melalui internet sehingga tidak perlu repot-repot harus mendatangi penjual. Meningkatkan citra yang baik di mata para konsumen tentunya dengan pelayanan yang baik juga, sebab dengan media internet informasi dapat dengan cepat tersebar. Dan masih banyak lagi keuntungan yang lainnya.



Referensi:


Sumber Pengertian, e-business & e-commerce, http://www.sumberpengertian.co/pengertian-e-business , diakses pada 25-10-2018

Eka Wijaya, pengertian e-commerce, http://www.patartambunan.com/pengertian-e-commerce-manfaat-serta-keuntungan-e-commerce/ , diakses pada 25-10-2018

0 komentar:

Posting Komentar